Tuliskan masing-masing satu contoh berbagai jenis simbiosis, lalu jelaskan hubungan yang terjadi!

Tuliskan masing-masing satu contoh berbagai jenis simbiosis, lalu jelaskan hubungan yang terjadi!

Pembahasan

Simbiosis adalah hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang hidup dalam ekosistem yang sama. Simbiosis dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:

  1. Simbiosis mutualisme, yaitu hubungan atau interaksi antara dua jenis makhluk hidup yang saling menguntungkan. Contohnya adalah bunga dan lebah. Bunga diuntungkan karena lebah membantu proses penyerbukan, sedangkan lebah diuntungkan karena mendapat nektar.
  2. Simbiosis komensalisme, yaitu interaksi yang menguntungkan satu makhluk hidup, namun makhluk hidup lainnya tidak merugikan dan tidak diuntungkan. Contohnya ikan hiu dan ikan remora. Ikan remora diuntungkan karena mendapat perlindungan dari ikan hiu yang ada di dekatnya, sedangkan ikan hiu tidak diuntungkan maupun dirugikan dengan keberadaan ikan remora.
  3. Simbiosis parasitisme, yaitu interaksi yang menguntungkan satu makhluk hidup dan merugikan makhluk hidup lainnya. Contohnya adalah nyamuk dan manusia. Nyamuk diuntungkan karena mendapatkan zat makanan berupa darah manusia, sedangkan manusia dirugikan karena kulitnya gatal bahkan dapat tertular penyakit dari nyamuk.
Baca Juga :  Siapa tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut?

Leave a Comment