Bagaimana penilaianmu tentang pengerahan tenaga Romusha oleh pemerintah pendudukan Jepang?

Bagaimana penilaianmu tentang pengerahan tenaga Romusha oleh pemerintah pendudukan Jepang?

Jawaban

romusha sangat merugikan rakyat Indonesia karena mengandung banyak sekali dampak negatif diantaranya: membuat rakyat sengsara dan mengalami kemiskinan berat, kelaparan, terjangkit penyakit dan kematian dan tekanan mental akibat kekerasan yang dilakukan Jepang.

Pembahasan

Romusha adalah sebuah panggilan bagi orang Indonesia yang dipekerjakan secara paksa pada masa penjajahan Jepang di Indonesia dari tahun 1942 hingga 1945. Kebanyakan romusha adalah petani, dan sejak Oktober 1943 pihak Jepang mewajibkan para petani untuk menjadi romusha. Dampak negatif romusha di Indonesia adalah membuat rakyat sengsara dan mengalami kemiskinan berat, kelaparan, terjangkit penyakit dan kematian, kemudian ada juga praktik perbudakan wanita yang mana banyak wanita Indonesia dijadikan sebagai wanita penghibur bagi tentara Jepang.

Jadi, romusha sangat merugikan rakyat Indonesia karena mengandung banyak sekali dampak negatif diantaranya: membuat rakyat sengsara dan mengalami kemiskinan berat, kelaparan, terjangkit penyakit dan kematian dan tekanan mental akibat kekerasan yang dilakukan Jepang.

 

Baca Juga :  Jumlah penduduk yang besar menimbulkan berbagai permasalahan berikut, kecuali ....

Leave a Comment