Apa yang kamu ketahui tentang BPUPKI dan PPKI? Apa tujuan organisasi tersebut didirikan?

Apa yang kamu ketahui tentang BPUPKI dan PPKI? Apa tujuan organisasi tersebut didirikan?

Jawaban

BPUPKI dan PPKI merupakan badan yang dibentuk oleh pemerintah Jepang dengan tujuan mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia.

Pembahasan

Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI merupakan sebuah badan yang dibentuk oleh pemerintah Jepang pada tanggal 1 Maret 1945. BPUPKI diketuai oleh K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat. Tujuan utama pembentukan BPUPKI adalah untuk mempersiapkan segala hal terkait kemerdekaan Indonesia serta menarik simpati atau dukungan masyarakat Indonesia terhadap Jepang. Dalam perkembangannya, BPUPKI melakukan dua kali masa sidang, yaitu sebagai berikut.

  • Sidang pertama pada tanggal 29 Mei sampai 1 Juni 1945 ntuk membicarakan mengenai rumusan dasar negara Indonesia.
  • Sidang kedua pada tanggal 10-17 Juli 1945 untuk membicarakan mengenai rancangan Undang-undang Dasar (UUD) 1945, bentuk negara, pernyataan merdeka, wilayah negara, serta kewarganegaraan.

Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau PPKI merupakan sebuah badan yang dibentuk pada 7 Agustus 1945 dan diketuai oleh Soekarno dengan wakilnya yakni Moh. Hatta. Tujuan pembentukan PPKI adalah melanjutkan tugas BPUPKI dalam upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Dalam perkembangannya, PPKI melakukan tiga kali sidang, yaitu sebagai berikut.

  • Sidang pertama pada tanggal 18 Agustus 1945 untuk mengesahkan UUD 1945, memilih presiden dan wakil presiden, serta membentuk komite nasional sementara.
  • Sidang kedua pada tanggal 19 Agustus 1945 untuk membagi wilayah Indonesia menjadi 8 provinsi, membentuk Komite Nasional Daerah, dan menetapkan 12 departemen beserta menterinya serta 4 menteri agama.
  • Sidang ketiga pada tanggal 22 Agustus 1945 untuk membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat, Partai Nasional Indonesia, dan Badan Keamanan Rakyat.

Dengan demikian, BPUPKI dan PPKI merupakan badan yang dibentuk oleh pemerintah Jepang dengan tujuan mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia.

Leave a Comment