Sebutkan 3 faktor pendorong pergerakan nasional dari dalam negeri!

Sebutkan 3 faktor pendorong pergerakan nasional dari dalam negeri!

Jawaban

faktor munculnya pergerakan nasional adalah penderitaan akibat sistem penjajahan, kejayaan bangsa Indonesia di masa lampau, adanya diskriminasi rasial, dan munculnya golongan terpelajar.

Pembahasan

Pergerakan nasional di Indonesia dimulai pada awal abad ke-20, tepatnya pada tahun 1908. Hal tersebut ditandai dengan berdirinya organisasi Budi Utomo yang selanjutnya mempengaruhi corak dan strategi perjuangan bangsa Indonesia dalam melawan Belanda. Faktor penyebab lahirnya pergerakan nasional terbagi menjadi 2, yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang muncul dari dalam bangsa Indonesia. Faktor tersebut, yakni penderitaan akibat sistem penjajahan, kejayaan bangsa Indonesia di masa lampau, adanya diskriminasi rasial, dan munculnya golongan terpelajar.

Dengan demikian, faktor munculnya pergerakan nasional adalah penderitaan akibat sistem penjajahan, kejayaan bangsa Indonesia di masa lampau, adanya diskriminasi rasial, dan munculnya golongan terpelajar.

Baca Juga :  Masa akhir pemerintahan Orde Baru diwarnai krisis kepercayaan dari masyarakat. Krisis kepercayaan tersebut muncul karena ...

Leave a Comment