Sebutkan 3 wilayah militer Jepang untuk wilayah Asia Tenggara!

Sebutkan 3 wilayah militer Jepang untuk wilayah Asia Tenggara!

Pembahasan

Pada pertengahahan tahun 1942 timbul pemikiran dari markas besar Tentara Jepang agar penduduk di daerah pendudukan dilibatkan dalam aktivitas pertahanan dan kemiliteran. Oleh karena itu pemerintah Jepang di Indonesia kemudia membentuk pemerintahan militer. Adapun pembagian pemerintahan militer Jepang di Indonesia dibagi dalam tiga wilayah utama yang masing-masing berdiri sendiri, yaitu.

  • Pemerintahan militer Angkatan Darat, yaitu Tentara ke-25 (Tomi Shudan) untuk Sumatera, berpusat di Bukittinggi.
  • Pemerintahan militer Angkatan Darat, yaitu Tentara ke-16 (Asamu Shudan) untuk Jawa dan Madura, berpusat di
    Jakarta. Kekuatan pemerintah militer ini ditambah Angkatan Laut (Dai ni Nankenkantai).
  • Pemerintahan militer Angkatan Laut, yaitu Armada Selatan Kedua untuk daerah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku, berpusat di Makassar.

Berdasarkan penjelasan di atas maka wilayah militer Jepang untuk wilayah Asia Tenggara adalah Pulau Jawa dan Madura, Pulau Sumatera yang berpusat di Bukit Tinggi, Sumatera Barat, serta Indonesia Timur yang mencakup wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku yang berpusat di Makassar.

Baca Juga :  Uang yang berbentuk saldo rekening di bank milik nasabah, yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Cara pembayaran dapat menggunakan cek, giro, telegraphic transfer, travel check (cek dengan perjanjian). Jenis uang yang dimaksud adalah ....

Leave a Comment