Pemerintah militer Jepang membagi wilayah Indonesia menjadi tiga. Jelaskan!

Pemerintah militer Jepang membagi wilayah Indonesia menjadi tiga. Jelaskan!

Jawaban

pemerintahan militer Jepang di Indonesia dibagi menjadi tiga yakni entara Kedua Puluh Lima (Tomi Shudan), Tentara Keenam Belas (Asamu Shudan), serta Armada Selatan Kedua.

Pembahasan

Pada masa pendudukannya di Indonesia, Jepang membentuk pemerintahan militer. Hal tersebut direalisasikan pada pertengahan tahun 1942. Pemerintahan militer di Indonesia dibagi menjadi tiga, yakni Tentara Kedua Puluh Lima (Tomi Shudan) untuk wilayah Sumatra dan berpusat di Bukittingga, Tentara Keenam Belas (Asamu Shudan) untuk wilayah Jawa dan Madura yang berpusat di Jakarta, serta Armada Selatan Kedua untuk wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku yang berpusat di Makasar. Pembagian administrasi wilayah pendudukan semacam itu terkait dengan perbedaan kepentingan Jepang terhadap tiap-tiap daerah di Indonesia, baik dari segi militer maupun politik ekonomi.

Dengan demikian, pemerintahan militer Jepang di Indonesia dibagi menjadi tiga yakni entara Kedua Puluh Lima (Tomi Shudan), Tentara Keenam Belas (Asamu Shudan), serta Armada Selatan Kedua.

Baca Juga :  Tanah yang terdapat di lereng Gunung Merapi adalah jenis tanah ....

Leave a Comment