Mengapa Jepang membentuk pemerintahan militer di tiga kawasan: Sumatra, Jawa-Madura, dan kawasan Indonesia Timur?

Mengapa Jepang membentuk pemerintahan militer di tiga kawasan: Sumatra, Jawa-Madura, dan kawasan Indonesia Timur?

Jawaban

pembagian wilayah pemerintahan pendudukan dimaksudkan atas pertimbangan militer dan ekonomi yang meliputi tiga hal yaitu mobilisasi pasukan, pengawasan keamanan, dan eksploitasi sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Pembahasan

Ada beberapa alasan mengapa jepang membagi pemerintah militer kedalam tiga kawasan, yakni barat (sumatera), tengah (jawa-madura) dan wilayah timur, yakni:

Pertahanan, Jepang saat itu tengah terlibat dalam perang pasifik dengan sekutu Amerika-Inggris. Tentunya, ancaman dari pasukan sekutu bisa datang suatu waktu. oleh sebab itu, butuh suatu taktis yang efisien.

Pendukung, Kedatangan jepang ke Indonesia memiliki motif untuk memnafaatkan SDA yang terdapat di Indonesia, terutama beras, untuk mendukung kampanye perang pasifik. dengan membagi setiap wilayah, maka tugas memungut dukungan perang dapat dilakukan lebih cepat dan efisien.

Dengan demikian pembagian wilayah pemerintahan pendudukan dimaksudkan atas pertimbangan militer dan ekonomi yang meliputi tiga hal yaitu mobilisasi pasukan, pengawasan keamanan, dan eksploitasi sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Baca Juga :  Potensi perairan Indonesia sangat berlimpah sehingga Indonesia dapat menjadi poros maritim dunia berdasarkan karakteristik wilayah perairan karena ...

Leave a Comment