Dalam melakukan pemungutan pajak harus memperhatikan efektivitas dan efesiensi, artinya mempertimbangkan agar biaya pemungutan pajak tidak melebihi hasil pemungutan pajak. Hal ini merupakan asas

Dalam melakukan pemungutan pajak harus memperhatikan efektivitas dan efesiensi, artinya mempertimbangkan agar biaya pemungutan pajak tidak melebihi hasil pemungutan pajak. Hal ini merupakan asas ….

a. kesamaan

b. daya manfaat

c. kepastian hukum

d. beban

e. kelayakan

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Pembahasan

Asas pemungutan pajak adalah sebagai berikut.

  • Asas Daya Pikul, besar kecilnya pajak yang dipungut harus berdasarkan besar kecilnya penghasilan wajib pajak. Semakin tinggi penghasilan maka semakin tinggi pajak yang dibebankan.
  • Asas Manfaat, pajak yang dipungut oleh negara harus digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk kepentingan umum.
  • Asas Kesejahteraan, pajak yang dipungut oleh negara digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
  • Asas Kesamaan, dalam kondisi yang sama antara wajib pajak yang satu dengan yang lain harus dikenakan pajak dalam jumlah yang sama (diperlakukan sama).
  • Asas Beban Yang Sekecil-kecilnya, pemungutan pajak diusahakan sekecil-kecilnya (serendah-rendahnya) jika dibandingkan dengan nilai obyek pajak sehingga tidak memberatkan para wajib pajak.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Baca Juga :  Jelaskan perbedaan antara Bryophyta dan Pteridophyta

Leave a Comment