Tokoh yang melihat struktur sosial sebagai sebuah hubungan timbal balik antara posisi-posisi sosial dan antara peranan-peranan sosial adalah ….

Tokoh yang melihat struktur sosial sebagai sebuah hubungan timbal balik antara posisi-posisi sosial dan antara peranan-peranan sosial adalah ….

a. James Samuel Coleman

b. Soerjono Seokanto

c. William Kornblum

d. George C. Homan

e. Talcott Parsons

Pembahasan

Pengertian struktur sosial menurut beberapa ahli:

  • Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, struktur sosial merupakan keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yaitu kaidah-kaidah sosial (norma-norma sosial), lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial, serta lapisan-lapisan sosial.
  • Soerjono Soekanto, struktur sosial adalah hubungan timbal balik antara posisi-posisi sosial serta peranan yang dimiliki oleh individu atau kelompok yang ada di dalam struktur tersebut.
  • William Kornblum, struktur sosial adalah susunan yang dapat terjadi karena adanya pengulangan pola perilaku individu.
  • George C. Homans mengatakan bahwa struktur sosial merupakan hal yang memiliki hubungan erat dengan perilaku sosial dasar dalam kehidupan sehari-hari
  • Talcott Parsons mengatakan struktur sosial sebagai keterkaitan antarmanusia dalam sebuah sistem sosial yang menjalankan fungsinya masing-masing.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah B

Baca Juga :  Menurut teori evolusi Darwin yang ada hubungannya dengan teori evolusi adalah ....

Leave a Comment