Isi perjanjian Zaragosa antara Portugis dan Spanyol adalah?

Isi perjanjian Zaragosa antara Portugis dan Spanyol adalah?

Jawaban

isi perjanjian Zaragosa antara Portugis dan Spanyol adalah membagi bumi terbagi menjadi dua pengaruh, yaitu pengaruh Spanyol dan Portugis, wilayah Spanyol membentang dari Meksiko ke barat ke pulau-pulau dan Filipina serta wilayah Portugis membentang dari Brasil ke timur ke pulau-pulau Maluku.

Pembahasan

Perjanjian Saragosa (Perjanjian Saragossa atau Perjanjian Zaragoza) yangditandatangani pada 22 April 1529 merupakan suatu perjanjian antara Spanyol dan Portugis yang menentukan belahan bumi timur dibagi antara dua kerajaan dengan garis bujur melalui leagues (952 mil laut) atau 17° untuk Kepulauan Maluku Timur. Perjanjian ini merupakan kelanjutan dari Perjanjian Tordesillas yang diprakarsai oleh Paus, untuk membagi belahan barat dunia antara Spanyol dan Portugis. Dalam perjanjian Saragosa, hasil yang lebih rinci dicapai dari kedua belah pihak. Adapun dari perjanjian ini adalah sebagai berikut.

  • Bumi terbagi menjadi dua pengaruh, yaitu pengaruh Spanyol dan Portugis.
  • Wilayah Spanyol membentang dari Meksiko ke barat ke pulau-pulau dan Filipina
  • Wilayah Portugis membentang dari Brasil ke timur ke pulau-pulau Maluku.
  • Daerah di sebelah barat garis saragosa merupakan kontrol Portugis.

Dengan demikian, isi perjanjian Zaragosa antara Portugis dan Spanyol adalah membagi bumi terbagi menjadi dua pengaruh, yaitu pengaruh Spanyol dan Portugis, wilayah Spanyol membentang dari Meksiko ke barat ke pulau-pulau dan Filipina serta wilayah Portugis membentang dari Brasil ke timur ke pulau-pulau Maluku.

Baca Juga :  Sebutkan perkembangan geografi dari zaman ke zaman!

Leave a Comment