Terjadinya perselisihan antara bangsa Spanyol dan Portugis di Maluku, mengakibatkan diadakannya perjanjian Saragosa dengan tujuan ….

Terjadinya perselisihan antara bangsa Spanyol dan Portugis di Maluku, mengakibatkan diadakannya perjanjian Saragosa dengan tujuan ….

Jawaban

Perjanjian Saragosa dilakukan untuk melerai persaingan antara Portugis dan Spanyol terhadap wilayah koloninya (Maluku).

Pembahasan

Perjanjian Saragosa adalah sebuah perjanjian lanjutan dari Perjanjian Tordesilas yang dibuat antara Portugis dan Spanyol. Perjanjian Tordesilas sendiri berisi pembagian dunia menjadi dua bagian yang ditarik lurus dari kutub utara ke kutub selatan di Kepulauan Tanjung Harapan. Spanyol menguasai sisi barat dan Portugis menguasai sisi timur. Pembagian wilayah ini diharapkan tidak menimbulkan perpecahan antara Portugis dan Spanyol. Namun, pada kenyataanya Portugis dan Spanyol sama-sama mendarat di Maluku (pusat rempah-rempah di Nusantara). Hal ini menimbulkan perseteruan antara Portugis dan Spanyol terkait hak penguasaan Maluku.
Untuk melerai perseteruan ini dibuatlah Perjanjian Saragosa. Perjanjian ini disetujui pada 22 April 1529 dan menghasilkan dua kesepakatan.

  1. Spanyol harus meninggalkan Maluku dan memusatkan kolonialismenya di Filipina.
  2. Portugis tetap melakukan aktivitas perdagangan di Maluku.

Dengan demikian, Perjanjian Saragosa dilakukan untuk melerai persaingan antara Portugis dan Spanyol terhadap wilayah koloninya (Maluku).

Baca Juga :  Read the following sentences. Decide if the words in bold are the cause or the effect. Write cause or effect on the line. Then underline the signal word or phrase!

Leave a Comment