Bagaimana masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memerdekakan Indonesia? dapat dikatakan peletak semangat kebangkitan….

Bagaimana masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memerdekakan Indonesia? dapat dikatakan peletak semangat kebangkitan….

Jawaban

masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memerdekakan Indonesia dengan menghimpun dukungan untuk menentukan nasib sendiri (merdeka) sebagai bangsa serta melalui organisasi moderen (diplomasi), sekaligus berhasil menjadi peletak semangat kebangkitan nasional.

Pembahasan

Sejak penerapan politik etis, banyak berdiri sekolah yang melahirkan kaum terpelajar. Kaum elit terpelajar memimpin pergerakan nasional menggunakan organisasi moderen. Lewat perlawanan menggunakan organisasi moderen dan masyarakat terdidik dan peduli, membangkitkan semangat kebangkitan nasional.

Dengan demikian, masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memerdekakan Indonesia dengan menghimpun dukungan untuk menentukan nasib sendiri (merdeka) sebagai bangsa serta melalui organisasi moderen (diplomasi), sekaligus berhasil menjadi peletak semangat kebangkitan nasional.

Baca Juga :  Seorang ilmuwan berpendapat bahwa tumbuhan lumut tidak dapat sepenuhnya dimasukkan dalam kelompok thalopyta maupun kormophyta. Oleh karena itu tumbuhan lumut disebut sebagai tumbuhan peralihan dari thalopyta ke kormophyta. Benar atau salahkah pendapat ilmuwan tersebut?

Leave a Comment