Tuliskan pengaruh Revolusi Prancis bagi kehidupan masa kini!

Tuliskan pengaruh Revolusi Prancis bagi kehidupan masa kini!

Jawaban

pengaruh Revolusi Prancis bagi kehidupan masa kini, yakni berkembangnya paham republikanisme, berkembangnya semangat anti-feodalisme serta memperjuangkan hak asasi manusia, dan berkembangnya semangat nasionalisme.

Pembahasan

Berikut adalah pengaruh Revolusi Prancis bagi kehidupan masa kini.

  1. Republikanisme. Revolusi Prancis ikut menyebarluaskan paham republikanisme. Penghapusan monarki menunjukkan dengan jelas bahwa negara ada karena ada rakyat. Oleh karena itu, rakyat seharusnya merupakan pemegang kedaulatan tertinggi. Tidak ada penguasa yang memerintah tanpa persetujuan rakyat. Rakyat pulalah yang berhak mengontrol jalannya pemerintahan. Revolusi Prancis memberikan inspirasi kepada para pendiri bangsa Indonesia yang memilih republik sebagai sistem pemerintahan.
  2. Anti-feodalisme dan hak asasi manusia. Sumbangan besar Revolusi Prancis terhadap organisasi-organisasi pergerakan nasional termasuk di Indonesia adalah semangat anti-feodalisme. Rakyat biasa dapat menikmati kebebasan dari pungutan pajak yang sewenang-wenang serta aturan-aturan lain yang menyengsarakan mereka. Sejak Napoleon Bonaparte berkuasa, sikap anti-feodalisme itu dipertegas lagi melalui “Undang-Undang Napoleon”. Di dalam undang-undang tersebut ditegaskan bahwa hanya orang-orang berkualitas yang dapat menduduki jabatan publik. Hal ini menunjukkan bahwa Revolusi Prancis menjunjung tinggi kesetaraan, keadilan, dan kebebasan. Tidak ada diskriminasi. Semua rakyat negara diperlakukan setara.
  3. Nasionalisme. Revolusi Prancis membuat masyarakat semakin bersatu sebagai satu bangsa (nation). Di bawah Napoleon Bonaparte, nasionalisme terus tumbuh dan berkembang. Mereka merasa bangga sebagai satu bangsa yang dipayungi nilai-nilai yang sama, yaitu “liberte, equalite, fraternite“.

Dengan demikian, pengaruh Revolusi Prancis bagi kehidupan masa kini, yakni berkembangnya paham republikanisme, berkembangnya semangat anti-feodalisme serta memperjuangkan hak asasi manusia, dan berkembangnya semangat nasionalisme.

Baca Juga :  Wajib pajak yang tidak membayar pajak akan dikenakan sanksi tertentu. Sanksi bagi wajib pajak yang tidak membayar pajak terdiri atas ....

Leave a Comment