Revolusi Prancis turut rnenyebabkan perubahan di bidang sosial. Apa pengaruh Revolusi Prancis di bidang sosial? Jelaskan pendapat Anda!

Revolusi Prancis turut rnenyebabkan perubahan di bidang sosial. Apa pengaruh Revolusi Prancis di bidang sosial? Jelaskan pendapat Anda!

Pembahasan

Pengaruh Revolusi Prancis di bidang sosial yaitu dihapuskannya feodalisme, adanya susunan masyarakat yang baru, dan adanya pendidikan dan pengajaran yang merata untuk semua lapisan masyarakat

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Penyebab utama terjadinya Revolusi Perancis yaitu adanya ketidakpuasan terhadap ancien regime. Ancien regime adalah suatu sistem aristokratik di Perancis di bawah pemerintahan dinasti Valois dan Bourbon pada abad ke-14 sampai 18. Dari masalah tersebut kemudian berimbas dengan adanya perekonomian yang tidak sehat, panen yang buruk, kenaikan harga pangan, dan sistem transportasi yang tidak memadai, sehingga menimbulkan rasa benci dari rakyat terhadap pemerintah. Bidang politik Berkembangnya paham liberalisme dan nasionalisme ke berbagai penjuru dunia Lahirnya konsep demokrasi dan republik sebagai perkembangan dari semboyan Revolusi Perancis (kebebasan, kesetaraan, dan persaudaraan) Dihapuskannya sistem monarki absolut dan diganti dengan sistem monarki konstitusional Undang-undang sebagai kekuasaan tertinggi dalam tata pemerintahan Lahirnya aksi-aksi revolusioner yang membela kepentingan rakyat Mendorong terjadinya pergolakan di beberapa negara, seperti Revolusi Rusia, revolusi budak di Karibia, dan masih banyak lainnya. Bidang ekonomi Penghapusan pajak feodal Petani menjadi pemilik tanah Perkembangan kapitalisme dan industrialisasi Dihapusnya sistem gilde dalam perdagangan dan diganti dengan sistem ekonomi bebas Bidang sosial Penghapusan sistem kelas dalam masyarakat dan disusun sistem baru tanpa kelas Menurunnya jumlah feodalisme di dunia Berkembangnya pendidikan dan pengajaran di seluruh lapisan masyarakat Berkembangnya perjuangan menegakkan hak-hak asasi manusia.

Baca Juga :  Para tahanan terpidana hukuman penjara rutin mendapatkan pelatihan keterampilan dan kerja saat masih berada dalam lembaga pemasyarakatan. Hal ini dimaksudkan untuk ...

Leave a Comment