Mengapa Dinasti Manchu dianggap membawa Tiongkok ke dalam kemunduran baik secara politik maupun ekonomi? Jelaskan!

Mengapa Dinasti Manchu dianggap membawa Tiongkok ke dalam kemunduran baik secara politik maupun ekonomi? Jelaskan!

Jawaban

alasan mengapa Dinasti Manchu dianggap membawa Tiongkok ke dalam kemunduran baik secara politik maupun ekonomi, yaitu karena rakyat dibebani pajak dalam rangka mengganti kerugian pascaperang dengan Inggris.

Pembahasan

Munculnya Revolusi Tiongkok dilataberlakangi oleh beberapa faktor, salah satunya karena Dinasti Manchu dianggap membawa Tiongkok ke dalam kemunduran baik secara politik maupun ekonomi. Saat itu, Dinasti Manchu berada di bawah kendali penguasa asing. Akhirnya, muncul anggapan orang Tionghoa bahwa Dinasti Manchu yang memerintah adalah bukan orang asli Tionghoa. Hal tersebut memicu ketidakpercayaan dan hilangnya semangat mengabdi kepada bangsa dan negara. Pemerintahan Manchu juga dianggap kolot dan bobrok. Kebijakan isolasi dari dunia luar semakin membuat rakyat Tiongkok semakin tertinggal dari bangsa-bangsa lain. Rakyat kehilangan kepercayaan terhadap Dinasti Manchu terutama pascaperang dengan lnggris dikarenakan rakyat dibebani pajak dalam rangka mengganti kerugian perang tersebut.

Dengan demikian, alasan mengapa Dinasti Manchu dianggap membawa Tiongkok ke dalam kemunduran baik secara politik maupun ekonomi, yaitu karena rakyat dibebani pajak dalam rangka mengganti kerugian pascaperang dengan Inggris.

Baca Juga :  Salah bentuk ancaman masyarakat yang akan berdampak bagi persatuan dan kesatuan adalah ….

Leave a Comment