Perhatikan pernyataan berikut!

Perhatikan pernyataan berikut!

Daendels mengaplikasikan semangat revolusi Amerika saat menjalankan kekuasaan di Indonesia.

Menurut Anda, benar atau salah pernyataan tersebut? Jelaskan dasar pendapat Anda!

Pembahasan

Pertanyaan bahwa Daendels mengaplikasilkan semangat revolusi Amerika saat menjadi Gubernur Jenderal di Indonesia adalah benar.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Herman Willem Daendels menjadi Gubernur Jenderal di Indonesia selama tiga tahun pada 1808-1811. Selama masa pemerintahan Daendels, kerajaan Belanda dikuasai oleh Louis Bonaparte, adik Napoleon Bonaparte. Pemerintahan dibawah Louis Bonaparte dikenal dengan nama Republik Bataaf. Kekuasaan Louis Bonaparte membawa semangat revolusi Perancis. Revolusi ini dikenal dengan semboyan liberte, egalite, dan fraternite (kebebasan, persamaan, dan persaudaraan). Semangat kebebasan di revolusi Perancis ini sangat dipengaruhi oleh revolusi Amerika. Amerika sebagai negara koloni Inggris membawa semboyan kebebasan untuk lepas dari pemerintahan kolonial Inggris. Ditambah lagi, jenderal Lafayette dari Perancis juga membantu dalam perang kemerdekaan Amerika.

Daendels merupakan kaum patriotik dan berpandangan liberal. Ia kaum muda yang berasal dari Belanda yang sangat dipengaruhi oleh ajaran revolusi Perancis. Didalam berbagai pidatonya, Daendels tidak lupa mengutip semboyan Revolusi Perancis. Daendels ingin menanamkan jiwa kemerdekaan, persamaan dan persaudaraan di lingkungan masyarakat Hindia. Oleh karena itu, ia ingin memberantas praktik-praktik yang dinilai feodalistik (mementingkan kekuasaan bangsawan, bupati, dan penguasa setempat). Hal ini dimaksudkan agar masyarakat lebih dinamis dan produktif untuk kepentingan negeri induk (Republik Bataaf).

Baca Juga :  Apabila ekosistem tersebut merupakan hasil suksesi, urutan tumbuhan yang muncul sehingga terbentuk komunitas klimaks adalah....

Leave a Comment