Jelaskan menurut pendapat Anda mengenai pengaruh Deklarasi Kemerdekaan Amerika bagi dunia!

Jelaskan menurut pendapat Anda mengenai pengaruh Deklarasi Kemerdekaan Amerika bagi dunia!

Pembahasan

Revolusi Amerika sering juga dikenal sebagai perang kemerdekaan Amerika melawan Inggris. Di tahun 1763, Inggris memenangkan perang melawan Perancis. Hasilnya, mereka memperoleh tanah dan koloni Perancis yang ada di Amerika. Ketika Inggris menguasai Amerika, paham kebebasan kaum koloni tersebut bertentangan dengan paham pemerintahan Inggris yang merasa bahwa daerah koloni adalah tanah jajahan. Pemerintah Inggris juga menganggap bahwa mereka berkuasa atas koloni di Amerika dan berhak memonopoli pasar. Tapi, kaum koloni menolak adanya peraturan monopoli, sprti adanya pajak,koloni di amerika menghendaki kebebasan dalam berdagang. Akhirnya, mulai tahun 1765, pecahnya Revolusi Amerika melawan Inggris. Hingga pada 4 Juli 1776, deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat dari Inggris dicetuskan di Philadelphia.

Revolusi kemerdekaan Amerika memberikan pengaruh yang besar pada pergerakan kebangsaan dan perubahan sistem politik terhadap negara-negara di dunia. Pengaruh-pengaruh tersebut yaitu:

  • Antikolonialisme. Revolusi Amerika memberi contoh bagi daerah koloni lainnya bahwa mereka dapat memerdekakan negaranya dari penjajah. Bahwa penjajahan pasti mendatangkan penderitaan, ketidakadilan, dan keterbelakangan; bahwa tekanan dan penderitaan tidak menjadi halangan untuk berjuang memperoleh kemerdekaan.
  • Republikanisme dan demokrasi. Republikanisme adalah pandangan bahwa republik merupakan bentuk pemerintahan terbaik. Republik adalah sebuah negara dengan pemerintahan yang dipilih oleh rakyat melalui pemilihan umum, bukan berdasarkan keturunan.
  • Hak asasi manusia. Frasa yang terdapat di dalam Deklarasi Kemerdekaan Amerika menyebutkan bahwa semua manusia diciptakan setara (all men are created equal). Selain itu, semua manusia dianugerahi hak-hak dasar yang sama, di antaranya hak hidup, kebebasan, dan mengejar kebahagiaan yang tidak dapat dicabut oleh siapa pun.

Dapat disimpulkan, pengaruh Deklarasi Kemerdekaan Amerika bagi dunia yaitu mulai menguatnya pemikiran-pemikiran mengenai antikolonialisme, demokrasi, dan hak asasi manusia.

Leave a Comment