Setelah memproklamasikan kemerdekaan, Indonesia harus berhadapan dengan ….

Setelah memproklamasikan kemerdekaan, Indonesia harus berhadapan dengan ….

a. Jepang dan Inggris

b. Jepang, Belanda dan Sekutu

c. Jepang dan Belanda

d. Jepang, Prancis dan Belanda

Jawaban

opsi jawaban benar adalah B.

Pembahasan

Pasca Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, tidak lantas membuat kemerdekaan Indonesia dinikmati tanpa perjuangan berikutnya. Dalam pembabakan Sejarah Indonesia, di tahun 1945-1949 dikenal dengan Masa Revolusi Nasional dalam arti periode di mana bangsa Indonesia harus mempertahankan kemerdekaannya.
Upaya mempertahankan kemerdekaan, muncul setelah pasukan Sekutu Allied Forces for Netherland Indies (AFNEI) dengan yang membawa tugas untuk memulangkan dan membebaskan tawanan perang Sekutu justru membawa Pemerintahan Sipil Hindia Belanda (NICA) dari Belanda. Dengan adanya hal tersebut, memicu kecurigaan dari bangsa Indonesia atas adanya keinginan Belanda untuk kembali menguasai Indonesia. Pada akhirnya, dengan adanya sekutu, Belanda dan Jepang di Masa Revolusi terjadi beberapa kali perlawanan senjatat dengan bangsa Indonesia yang sudah menyatakan diri sebagai bangsa yang merdeka.
Diantara beberapa perang tersebut diantaranya Perang Surabaya 10 November 1945 antara bangsa Indonesia dengan pasukan Sekutu. Pertempuran Lima Hari di Semarang, merupakan contoh adanya kontak senjata antara bangsa Indonesia dengan Jepang.

Dengan demikian, opsi jawaban benar adalah B.

Baca Juga :  Menurut teori evolusi Darwin yang ada hubungannya dengan teori evolusi adalah ....

Leave a Comment