Mobilitas sosial ini merupakan contoh mobilitas yang …

Pak Nugroho sebagai anggota TNI sangat tekun dalam menjalankan tugas. Ketekunan dan kesungguhan bertugas membawanya cepat naik pangkat bahkan mendahului seniornya. Kebaikan sikap, kesederhanaan, dan keramahtamahan Pak Nugroho menjadikan ia diterima dan disenangi walaupun beberapa teman seangkatannya menjadi bawahannya. Mobilitas sosial ini merupakan contoh mobilitas yang …

a. berpotensi menimbulkan konflik antarindividu dan kelompok.

b. berpotensi konflik peran antaranggota dan kelompok.

c. berpotensi arogan karena jabatan baru mengubah status.

d. sesuai dengan kemampuan mengembangkan diri.

e. menimbulkan konflik internal antargenerasi.

Pembahasan

Poin pada soal ini membahas mengenai konsep faktor pendorong mobilitas sosial.

Ilustrasi menjelaskan bahwa Pak Nugroho sebagai anggota TNI selalu tekun dalam menjalankan tugas. Hal tersebutlah yang membuat Pak Nugroho cepat naik pangkat bahkan mendahului seniornya. Pak Nugroho juga memiliki personality yang baik. Kebaikan sikap, kesederhanaan, dan keramahtamahan Pak Nugroho menjadikan ia diterima dan disenangi walaupun beberapa ternan seangkatannya menjadi bawahannya.

Ilustrasi ini menunjukkan faktor pendorong mobilitas sosial dari faktor individu. Faktor Individu mengacu pada kualitas seseorang hingga mengalami perpindahan kedudukan. Meliputi pendidikan, ekonomi, penampilan, atau keterampilan pribadi. Mobilitas yang terjadi sesuai ilustrasi menunjukkan bahwa mobilitas sosial diperoleh dari kemampuan mengembangkan diri, menempatkan diri, memiliki sikap tekun dan bersungguh-sungguh.

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah D.

Baca Juga :  Tujuan pokok pembentukan Jawa Hokokai pada tahun 1944 pada masa pendudukan Jepang adalah ...

Leave a Comment