Judul penelitian “Pengaruh Sosialisasi dalam Keluarga terhadap Pembentukan Kepribadian Anak”, maka teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara …

Anak lahir dalam keadaan putih bersih, dan selanjutnya kondisi anak sangat bergantung pada pendidikan, pengarahan, dan bimbingan orang tua. Apalagi pada usia kanak-kanak, mereka mulai mampu menghafal, meniru, dan juga gemar bermain.

Namun, hal yang harus diingat bahwa orang tua tidaklah sendirian dalam mendidik anak. Banyak pihak yang berperan dalam menentukan warna pendidikan anak, bahkan kadang peranan mereka lebih intens dibandingkan orang tua kita sendiri. Dan salah satunya adalah pembantu, atau baby sitter istilah lazimnya. Di dalam keluarga yang sibuk, sehari-hari anak hanya ditemani oleh pengasuh atau pembantu rumah tangga, dan sedikit sekali waktu luang yang disediakan oleh orang tua .

Para pembantu memiliki pengaruh yang sangat besar, karena mereka memiliki waktu yang lama untuk tinggal bersama anak. Mereka bertanggungjawab penuh terhadap anak dari mulai mengasuh, merawat, menyuapi makanan,menyiapkan permainan dan waktu istirahat, menangani anak ketika menangis, dan memenuhi hampir semua kebutuhan anak, tanpa mempedulikan apakah hal itu sesuai dengan pendidikan anak atau tidak. Akhirnya, pembantu menjadi rujukan utama bagi anak ketika kedua orang tua tidak ada di rumah sehingga pembantu menjadi tempat mengadu.

Dalam kondisi seperti inilah, sang pembantu mulai menebar pemikiran, ideologi, kebiasaan, dan tingkah lakunya kepada anak yang kadang bisa menjadi “racun” bagi anak-anak yang diasuhnya. Hal ini dapat dimengerti sebab sebagian besar pembantu rumah tangga kurang mendapatkan pendidikan yang memadai. Selain itu, para pembantu bisa saja berasal dari keluarga yang tidak terlalu harmonis dan keluarga yang dipenuhi dengan kekerasan. Jika hal ini terjadi, pola perilaku para pembantu yang tidak baik itu tentu akan menurun kepada anak melalui pola sosialisasi bersama sang pembantu. Singkatnya nilai-nilai dan norma sosial yang diserap melalui sosialisasi adalah ni lai dan norma sosial yang berasal dari pembantu.

Baca Juga :  Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

Judul penelitian “Pengaruh Sosialisasi dalam Keluarga terhadap Pembentukan Kepribadian Anak”, maka teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara …

a. wawancara

b. pengamatan

c. angket

d. analisis dokumen

e. observation participant

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut adalah C.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut :

Poin yang ditanyakan adalah tentang teknik pengumpulan data.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, judul penelitian tersebut termasuk penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif berupa angket, sedangkan dalam penelitian kualitatif teknik pengumpulan data dengan wawancara, pengamatan dan analisis dokumen.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Leave a Comment