Nasionalisme di India muncul dengan didahului lahirnya ajaran-ajaran kebangkitan nasional yang dibawa oleh pejuang-pejuang muda antara lain di bawah ini kecuali ….

Nasionalisme di India muncul dengan didahului lahirnya ajaran-ajaran kebangkitan nasional yang dibawa oleh pejuang-pejuang muda antara lain di bawah ini kecuali ….

a. Rammohan Roy

b. Rabindranath Tagore

c. Swami Vivekanenda

d. Mahmud Shekat pasha

e. Swami Narendranath Dutta

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Gerakan nasionalisme India ditujukan untuk melawan penjajahan Inggris di India yang berlangsung sejak tahun 1600.

Gerakan nasionalisme India:

All India National Conggress: ditujukan untuk memperjuangkan kemerdekaan India dalam bidang politik, tokohnya antara lain Mahatma Gandhi, Jawaharlal Nehru, Ali Liqhut Khan, Muhammad Ali Jinnah, dan B. G. Tilaq.

Gerakan Brahma Samaj: ditujukan untuk menyucikan kembali ajaran Hindu dari ha-hal yang dianggap menyimpang dan merusak nilai-nilai agama. Gerakan ini melarang adanya upacara Sati dan poligami di India, tokohnya adalah Ramohay Ray.

Gerakan Santiniketan: ditujukan untuk mewujudkan cinta tanah air dan kebudayaan India. Tokohnya adalah Rabindranath Tagore.

Gerakan The Great Munity: ditujukan untuk melawan penindasan dari pemerintah Inggris terutama penghinaan yang ditujukan kepada orang-orang India, seperti penggunaan minyak babi dan sapi untuk senjata. Hal ini menghina atau menyinggung ajaran Hindu dan Islam di India. Tokohnya adalah Bahadur Syah.

Gerakan Rma Khrisna: ditujukan untuk memurnikan kembali ajaran dalam agama Hindu berdasarkan dari ajaran Sri Rama Khrisna. Tokoh Swami Vivekananda/Swami Narendranath Dutta.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Baca Juga :  Bentuk candi langgam Jawa Timur dan Jawa Tengah memiliki ciri yang berbeda, candi Jawa Tengah memiliki ciri ....

Leave a Comment