Pernyataan yang tepat tentang kondisi kedua kalimat di atas adalah …

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun secara berurutan.

Lahirnya partai-partai politik baru pada era reformasi di Indonesia merupakan kenyataan objektif bahwa rakyat ingin menampilkan aspirasinya.

SEBAB

Pada era Orde Baru aspirasi politik rakyat Indonesia mendapat tekanan dan dibatasi secara ketat oleh pemerintah.

Pernyataan yang tepat tentang kondisi kedua kalimat di atas adalah …

a. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

b. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

c. Pernyataan benar dan alasan salah.

d. Pernyataan salah dan alasan benar.

e. Pernyataan dan alasan salah.

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan

Pernyataan benar. Pemilu 1999 merupakan Pemilu pertama yang dilaksanakan pada masa Reformasi. Pada Pemilu tersebut, lahir berbagai partai-partai baru hingga mencapai 48 partai politik. Hadirnya berbagai partai politik ini merupakan sebuah kenyataan bahwa ada keinginan dari rakyat untuk menampilkan aspirasinya.

Alasan benar. Pada masa Orde Baru, aspirasi politik rakyat Indonesia mendapatkan tekanan dan dibatasi oleh pemerintah. Hal ini terlihat dengan terjadinya penyederhanaan partai politik hingga hanya berjumlah tiga partai. Penyederhanaan partai atau fusi partai ini ditujukan untuk menjaga stabilitas politik di Indonesia.

Pernyataan dan alasan menunjukkan hubungan sebab dan akibat. Hal ini karena lahirnya berbagai macam partai pada masa reformasi merupakan sebuah kebebasan menyampaikan aspirasi setelah dibatasinya hak-hak berpolitik pada masa Orde Baru.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

 

Baca Juga :  Seorang wanita yang berasal dari suku Minangkabau akan menikah dengan pria dari suku Jawa. Berdasarkan sistem kekerabatan adat Minangkabau yang menganut matrilineal, keluarga wanita harus meminang mempelai pria. Akan tetapi, pihak mempelai pria tidak menyetujui sistem pernikahan tersebut. Karena berdasar adat Jawa, keluarga mempelai pria seharusnya meminang mempelai wanita. Konflik tersebut disebabkan karena perbedaan ...

Leave a Comment