Kondisi tanah di Pulau Kalimantan relatif yang berlebihan kurang subur dibandingkan dengan tanah di Pulau Jawa. Hal ini disebabkan ….

Perhatikan pernyataan berikut!

  1. sebagian besar tanah organik
  2. sebagian besar bermorfologi curam
  3. bukan tanah vulkanik
  4. curah hujan sangat sedikit

Kondisi tanah di Pulau Kalimantan relatif yang berlebihan kurang subur dibandingkan dengan tanah di Pulau Jawa. Hal ini disebabkan ….

a. (1), (2), dan (3) benar

b. (1) dan (3) benar

c. (2) dan (4) benar

d. (4) saja yang benar

e. semua jawaban benar

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan

Jawaban benar pada soal ini adalah B.

Berikut adalah penjelasannya.

Pulau Kalimantan memiliki karakteristik wilayah yang khas. Kalimantan didominasi oleh Satuan Bentanglahan Struktural di sisi Utara serta Satuan Bentanglahan Fluvial dan Organik di sisi Selatan. Hal ini menyebabkan fisiografi Pulau Kalimantan didominasi oleh lereng dengan kemiringan <15%. Tinggi rerata curah hujan tahunan di Pulau Kalimantan mencapai >2.500 mm/tahun. Perkembangan tanah di Pulau Kalimantan dipengaruhi oleh fisografis, iklim dan vegetasi hutan hujan yang lebat, menyebabkan Pulau Kalimantan didominasi oleh tanah-tanah organik.
Tanah organosol (tanah gambut) yaitu tanah yang terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan yang telah mengalami pembusukan. Jenis tanah ini berwarna hitam sampai cokelat. Proses pembentukan Organosol disebabkan terhambatnya proses dekomposisi bahan organik sehingga terjadilah akumulasi bahan organik. Terhambatnya proses dekomposisi bahan organik ini dikarenakan:

  • suhu rendah,
  • tanah jenuh air,
  • lingkungan yang sangat masam, tingginya kadar asam-asam organik bersifat toksik bagi tanaman.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

Baca Juga :  Di bawah ini yang termasuk peninggalan Kerajaan Sriwijaya adalah ....

Leave a Comment