Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Jasad renik merupakan komponen ekosistem yang memungkinkan daur materi dapat berlangsung.

SEBAB

Keberadaan jasad renik memperlancar daur fosfor dan nitrogen di alam.

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

a. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

b. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

c. Pernyataan benar dan alasan salah.

d. Pernyataan salah dan alasan benar.

e. Pernyataan dan alasan salah..

Pembahasan

Jawaban yang tepat adalah A.

Daur fosfor, di alam fosfor terdapat dalam dua bentuk, yaitu senyawa fosfat organik (pada tumbuhan dan hewan) dan senyawa fosfat anorganik (pada air dan tanah). Fosfat organik berasal dari hewan dan tumbuhan yang mati (jasad renik) diuraikan oleh dekomposer (pengurai) menjadi fosfat anorganik. Fosfat anorganik yang terlarut di air tanah atau air laut akan mengendap di sedimen laut.

Pada daur nitrogen, Nitrogen yang diikat biasanya dalam bentuk amonia. Amonia diperoleh dari hasil penguraian jaringan yang mati (jasad renik) oleh bakteri. Amonia ini akan mengalami nitrifikasi oleh bakteri nitrit, yaitu Nitrosomonas dan Nitrosococcus sehingga menghasilkan nitrat yang dapat diserap oleh akar tumbuhan. Selanjutnya, oleh bakteri denitrifikan, nitrat diubah menjadi amonia kembali melalui denitrifikasi, dan amonia dilepaskan ke udara. Dengan cara ini, daur nitrogen akan berulang dalam ekosistem.

Jasad renik merupakan bagian penting dalam daur materi di ekosistem sebab memiliki fungsi diantanranya sebagai penunjang bagi daur fosfor dan nitrogen.

Baca Juga :  Kabut asap yang terjadi di wilayah Kalimantan, Sumatra, dan Semenanjung Malaya terjadi karena pembukaan lahan dengan cara membakar lahan gambut di kawasan Sumatra dan Kalimantan. Dalam kajian geografi tersebut dapat dikaji dengan menggunakan pendekatan ....

Leave a Comment