Terbatasnya lapangan pekerjaan di pedesaan mendorong terjasdinya urbanisasi yang berdampak pada …

Terbatasnya lapangan pekerjaan di pedesaan mendorong terjasdinya urbanisasi yang berdampak pada …

  1. kepadatan penduduk di kota
  2. meningkatnya kriminalitas
  3. meningkatnya kegiatan sektor informal
  4. berkembangnya pemukiman kumuh

a. Jika jawaban (1), (2) dan (3) benar

b. Jika jawaban (1) dan (3) benar

c. Jika jawaban (2) dan (4) benar

d. Jika hanya jawaban (4) benar

e. Jika semuanya benar

Pembahasan

Urbanisasi merupakan perpindahan masyarakat dari desa ke kota. Arus urbanisasi sangat besar di Indonesia karena adanya anggapan bahwa kehidupan di kota lebih baik dibanding di desa sehingga diharapkan dapat memperbaiki nasib. Faktanya jika tidak memiliki soft skill dan pendidikan, maka anggapan tersebut hanya akan menjadi harapan semu. Dampak urbanisasi dalam masyarakat kota seperti berikut:

  1. Kepadatan penduduk di kota
    Adanya anggapan bahwa merubah nasib yang baik dapat dilakukan dengan pergi ke kota, maka banyak sekali masyarakat yang pindah ke kota sehingga kepadatan penduduk di kota meningkat.
  2. Meningkatkan kriminalitas
    Ketika masyarakat yang berpindah ke kota tidak memiliki bekal pendidikan dan keterampilan yang dapat digunakan dalam memenuhi kebutuhan hidup, maka cara lain yang dilakukan oleh sebagian masyarakat yaitu dengan cara menyimpang dari nilai dan norma seperti mencuri atau tindakan kriminal lainnya. Apabila kondisi tersebut terjadi, maka hal tersebut dapat meningkatkan angka kriminalitas.
  3. Meningkatnya kegiatan sektor informal
    Banyak masyarakat yang melihat peluang besar untuk mendirikan usaha-usaha informal di kota seperti mendirikan warung makan, tempat penyucian pakaian, jasa-jasa pijat dan sebagainya.
  4. Berkembangnya pemukiman kumuh
    Masyarakat yang kurang beruntung pindah ke kota karena tidak memiliki keterampilan dan pendidikan akhirnya tidak bisa mencukupi kebutuhan pokok seperti papan atau tempat tinggal yang berdampak pada permukiman kumuh yang banyak djumpai di perkotaan.

Leave a Comment