Kemiskinan dan pengangguran merupakan masalah sosial yang dihadapi negara-negara berkembang. Permasalahan sosial tersebut dilatarbelakangi oleh faktor …

Kemiskinan dan pengangguran merupakan masalah sosial yang dihadapi negara-negara berkembang. Permasalahan sosial tersebut dilatarbelakangi oleh faktor …

  1. Psikologis.
  2. Kebudayaan.
  3. Biologis.
  4. Ekonomi.

a. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.

b. 1 dan 3 SAJA yang benar.

c. 2 dan 4SAJA yang benar.

d. HANYA 4 yang benar.

e. SEMUA pilihan benar.

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Poin yang ditanyakan adalah faktor yang melatarbelakangi masalah sosial yaitu kemiskinan dan pengangguran pada negara-negara berkembang.

Masalah sosial adalah suatu perilaku dan kondisi yang tidak diterima dan tidak diinginkan oleh masyarakat. Terdapat empat faktor penyebab masalah sosial, antara lain:

  1. Faktor ekonomi, merupakan ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya secara layak. Contoh: kemiskinan dan pengangguran.
  2. Faktor budaya, merupakan ketidaksesuaian tindakan yang dilakukan oleh masyarakat dengan nilai dan norma di masyarakat. Contoh: korupsi.
  3. Faktor biologis, merupakan ketidaknormalan kondisi lingkungan yang memengaruhi kondisi biologis masyarakat. Contoh: penyakit yang disebabkan oleh covid-19.
  4. Faktor psikologis, merupakan masalah sosial yang berhubungan dengan pola pikir dan mental seseorang atau suatu masyarakat yang tidak sesuai dengan tatanan kehidupan sosial. Contoh: depresi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Baca Juga :  Berikut yang bukan faktor pendorong integrasi nasional adalah ...

Leave a Comment