Menurut Durkheim, sesuatu yang berada di luar individu yang cenderung untuk memaksa cara berpikir dan bertindak disebut ….

Menurut Durkheim, sesuatu yang berada di luar individu yang cenderung untuk memaksa cara berpikir dan bertindak disebut ….

a. Norma sosial

b. Interaksi sosial

c. Fakta sosial

d. Nilai sosial

e. Organisasi sosial

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut adalah C.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Topik yang ditanyakan adalah pengertian fakta sosial menurut Emile Durkheim.

Sosiologi adalah ilmu yang memperlajari tentang masyarakat, oleh karena itu objek studi sosiologi adalah masyarakat itu sendiri. Para tokoh sosiologi klasik memberikan gagasan-gagasan dan perspektif yang berbeda dalam menelaah masyarakat. Salah satunya ialah Emile Durkheim.

Emile Durkheim adalah salah satu toko sosiologi klasik yang memperkenalkan pandangan fungsional, salah satu gagasan yang dikemukakan oleh Durkheim mengenai sosiologi adalah terdapat dalam buku “Rules of Sociological Method” dimana ia menjabarkan tentang fakta sosial. Fakta sosial dikatakan adalah setiap cara bertindak, baik tetap maupun tidak, yang bisa menjadi pengaruh atau hambatan eksternal bagi seorang individu. Dalam hal ini dapat diartikan bahwa fakta sosial adalah sesuatu yang berada diluar individu yang mempengaruhi tindakan dan berpikir yang cenderung memiliki sifat memaksa. Contohnya bisa berupa norma.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Baca Juga :  Negara-negara di dunia dapat digolongkan menjadi negara maju dan negara berkembang. Salah satu kriteria untuk menggolongkan suatu negara menjadi negara maju adalah ....

Leave a Comment