Peran nyata Indonesia pada masa Reformasi dalam menciptakan perdamaian di dunia yang sesuai dengan tujuan politik luar negeri Indonesia adalah….

Peran nyata Indonesia pada masa Reformasi dalam menciptakan perdamaian di dunia yang sesuai dengan tujuan politik luar negeri Indonesia adalah….

a. ikut bergabung dalam ASA (Association of South East Asia)

b. tidak bergabung dalam SEATO (Southeast Asia Treaty Organization)

c. mengirim pasukan perdamaian ke Timur Tengah

d. memberi usulan terkait konflik Israel dan Palestina

e. menjadi fasilitator dalam konflik di Pattani

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah C.

Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Dalam rangka ikut mewujudkan perdamaian dunia, maka Indonesia memainkan sejumlah peran dalam percaturan internasional. Peran yang cukup menonjol yang dimainkan oleh Indonesia adalah dalam rangka membantu mewujudkan pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional. Dalam hal ini Indonesia sudah cukup banyak mengirimkan Kontingen Garuda (KONGA) ke luar negeri. Sampai tahun 2014 Indonesia telah mengirimkan Kontingen Garuda sampai dengan kontingen Garuda yang ke duapuluh tiga (XXIII). Selama masa Reformasi, Indonesia telah mengirimkan KONGA ke XIX-XXX. Misi ini dikirimkan ke wilayah Lebanon, Sudan, Liberia, dan Nepal.

Baca Juga :  Jepang membagi Indonesia menjadi tiga wilayah yaitu 1) Sumatera; 2) Jawa dan Madura; dan 3) Kalimatan dan Indonesia Timur. Jepang menganggap wilayah 1 dan 3 memiliki potensi sumber daya

Leave a Comment