Berdasarkan ciri-ciri tersebut, merupakan kehidupan manusia pada masa ….

Perhatikan ciri-ciri berikut!

  1. hidup masih berpindah-pindah (nomaden)
  2. berburu dan mengumpulkan makanan
  3. tempat tinggal masih di gua-gua
  4. hidupnya berkelompok

Berdasarkan ciri-ciri tersebut, merupakan kehidupan manusia pada masa ….

a. food gathering

b. food producing

c. perundagian

d. bercocok tanam

e. Megalitikum

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah A.

Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Istilah Pra-aksara berasal dari gabungan kata, yaitu pra dan aksara. Pra artinya sebelum dan aksara berarti tulisan. Pengertian zaman pra aksara adalah zaman manusia belum mengenal bentuk tulisan. Pada zaman Pra aksara, terdapat ciri-ciri kehidupan manusia purba pada masa itu, diantaranya :.

Masa Berburu dan mengumpulkan makanan merupakan bentuk adaptasi pertama manusia. Makanan manusia purba pada masa ini bergantung sepenuhnya pada alam dengan berburu dan mengumpulkan makanan. Kehidupan manusia purba pada masa ini cenderung hidup berkelompok dan bersifat nomaden atau berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain mengikuti gerak binatang buruan serta sumber air. Tempat tinggal nya memanfaatkan gua-gua atau membangun tenda sederhana dari patahan ranting pepohonan. Masa ini disebut juga sebagai masa food gathering.

Masa bercocok tanam dan berternak, masa ketika manusia mulai memenuhi kebutuhan hidup dengan cara pembukaan lahan di hutan untuk dijadikan ladang. Pada masa ini, manusia praaksara mulai hidup menetap di suatu tempat tinggal sederhana secara berkelompok. Tetapi kehidupan berburu dan mengumpulkan makanan tidak sepenuhnya ditinggalkan. Masa ini sangat penting dalam sejarah perkembangan masyarakat karena terdapat beberapa penemuan baru seperti penguasaan sumber-sumber alam, memelihara tumbuhan dan hewan.

Masa perundagian, pada masa ini manusia sudah mengenal teknologi sederhana dan pembagian kerja. Di kehidupan pada masa perundagian, manusia purba sudah menemukan bijih-bijih logam dan mengenal pengolahan logam. Sehingga berbagai peralatan mulai dibuat dari logam. Pertukangan dan pengecoran logam seperti perunggu, tembaga dan besi untuk membuat barang-barang kebutuhan rumah tangga yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Meski sudah ada alat-alat dari logam, tetapi manusia purba pada masa ini masih menggunakan alat-alat yang terbuat dari batu.

Leave a Comment