Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Berikut bukan termasuk gejala yang disebabkan oleh tenaga endogen adalah…

Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Berikut bukan termasuk gejala yang disebabkan oleh tenaga endogen adalah…

a. pelapukan batuan

b. daerah lipatan

c. gempa bumi

d. daerah patahan

e. letusan gunung berapi

Pembahasan

Kondisi relief muka Bumi tidaklah rata. Ada keragaman yang terus berubah dari waktu ke waktu yang disebabkan oleh tenaga pembentuk muka Bumi yang disebut sebagai tenaga geologi. Tenaga geologi tersebut terdiri dari dua jenis yakni tenaga endogen dan tenaga eksogen.

Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang bersifat membangun (konstruktif). Tenaga endogen merupakan kekuatan yang mendorong terjadinya pergerakan kerak Bumi. Tenaga endogen dikelompokkan menjadi tiga yaitu tektonisme (gerakan lempeng), vulkanisme (aktivitas gunung api), dan seisme (gempa).

Tenaga eksogen adalah tenaga pembentuk muka bumi yang berasal dari luar yakni berupa tenaga air, angin, sinar matahari maupun tenaga dari makhluk hidup. Sifat dari tenaga eksogen adalah merusak atau merombak permukaan Bumi yang sudah dibentuk oleh tenaga endogen. Tenaga eksogen dikelompokkan menjadi: pelapukan (batuan), pengikisan (erosi), pengendapan (sedimentasi), dan amblesan.

Berdasarkan uraian tersebut, maka jawaban yang tepat adalah A.

Baca Juga :  Bentukan yang ditandai dengan huruf "Y" pada gambar di atas dinamakan ....

Leave a Comment