Tuliskan lima contoh konflik yang ada di masyarakat!

Tuliskan lima contoh konflik yang ada di masyarakat!

Jawaban

bisa kita simpulkan bahwa, konflik akan selalu terjadi dalam kehidupan masyarakat dan tidak bisa dipisahkan, karena berasal dari interaksi negatif dan perbedaan-perbedaan yang tanpa didasari rasa toleransi dan menghormati yang menghasilkan konflik seperti konflik antar pribadi, antar kelasm antar agama, antarras, antarsuku.

Pembahasan

Poin yang ditanyakan dalam soal di atas adalah jenis-jenis konflik yang ada di masyarakat.

Konflik merupakan proses sosial ketika individu atau kelompok dalam mencapai tujuannya menggunakan cara dengan menentang pihak lawan disertai ancaman dan kekerasan. Dalam kehidupan masyarakat konflik tidak akan pernah bisa dipisahkan karena konflik berasal dari adanya interaksi yang bersifat negatif yang dapat menimbulkan pertentangan dan konflik. Selain dari interaksi negatif konflik berasal dari faktor-faktor perebdaan yang ada dilingkungan masyarakat, seperti perbedaan individu, kepentingan, kebudyaan hingga di pengaruhi oleh perubahan sosial masyarakat.

Jika dianalisis, kehidupan masyarakat sehari-hari sehari-hari kita sering mendengar bahkan menyaksikan sendiri konflik sosial yang adadilingkungan sosial, di antaranya:

  1. Konflik antarpribadi. Konflik yang terjadi antarindividu yang diawali dengan adanya rasa tidak suka, tidak adanya simpati, atau perbedaan pendapat. Contoh: konflik siswa A dan siswa B karena perbedaan pendapat.
  2. Konflik antarsuku. Konflik yang terjadi antarsuku yang berbeda. Contoh: Perang antarsuku di Papua.
  3. Konflik rasial. Konflik yang terjadi antarras yang berbeda. Contoh: Konflik ras hitam dan ras putih, yang menganggap ras putih lebih unggul.
  4. Konflik antarumat beragama. Konflik yang terjadi antar agama dalam masyarakat. Contoh: Konflik Poso yang melibatkan umat agama Islam dan umat agama Kristen.
  5. Konflik antarkelas sosial. Konflik yang terjadi antarkelas sosial karena perbedaan kepentingan antara dua golongan. Contoh: Konflik karyawan dengan pihak perusahaan menuntut upah dan menginginkan kesejahteraan.
Baca Juga :  Teks ulasan yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah ….

Dengan demikian bisa kita simpulkan bahwa, konflik akan selalu terjadi dalam kehidupan masyarakat dan tidak bisa dipisahkan, karena berasal dari interaksi negatif dan perbedaan-perbedaan yang tanpa didasari rasa toleransi dan menghormati yang menghasilkan konflik seperti konflik antar pribadi, antar kelasm antar agama, antarras, antarsuku.

Leave a Comment