Sebutkan pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi di bidang :

Sebutkan pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi di bidang :

a. Migrasi penduduk
b. Transportasi
c. Lembaga sosial
d. Pendidikan
e. Pekerjaan.

Pembahasan

Pengaruh pusat keunggulan ekonomi di bidang :

a. Migrasi penduduk

Perbedaan karakteristik ruang dan sumber daya yang dimiliki pada berbagai negara sehingga setiap negara memiliki keunggulan ekonomi mendorong untuk melakukan migrasi penduduk atau mobilitas penduduk. Mereka melakukan mobilitas untuk memperoleh sesuatu yang tidak tersedia di daerah asalnya.

b. Transportasi

Kegiatan ekonomi semakin berkembang di berbagai negara dan interaksi sosial antar negara menjadi semakin sering dilakukan. Oleh karena itu, terjadi peningkatan kualitas transportasi untuk dijadikan sebagai sarana distribusi hasil kerajinan atau satu karya yang ingin dipublikasikan selain itu juga menunjang pembangunan jalan.

c. Lembaga sosial ekonomi

Terjadinya proses produksi, distribusi dan konsumsi yang menghasilkan pendapatan bagi lembaga sosial ekonomi sehingga lembaga sosial dan ekonomi mendapatkan keuntungan.

d. Pendidikan

Setiap negara berusaha meningkatkan kualitas pendidikan agar menghasilkan sumber daya manusia yang kreatif, inovatif dan mampu bersaing di tingkat internasional. Keunggulan pusat-pusat ekonomi membutuhkan tenaga-tenaga ahli dan terampil.

e. Pekerjaan

Dengan tumbuhnya pusat-pusat keunggulan ekonomi maka berdampak bertambahnya produksi barang dalam negeri meningkat apabila pusat keunggulan tersebut mampu menarik minat pasar luar negeri. Kenaikan jumlah produksi tersebut berakibat pada bertambahnya kebutuhan tenaga kerja, sehingga akan memperluas lapangan kerja.

Baca Juga :  Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 memiliki kedudukan penting dalam peratukan perundang undangan nasional. Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 terdiri dari empat aliena yang memiliki makna dan saling berkaitan satu sama lain. Adapun makna aliena ke empat pembukaan UUD NRI Tahun 1945 adalah....

Leave a Comment