Pemberian subsidi oleh pemerintah, penetapan harga bahan bakar, penentuan tariff impor adalah contoh peran rumah tangga pemerintah sebagai ….

Pemberian subsidi oleh pemerintah, penetapan harga bahan bakar, penentuan tariff impor adalah contoh peran rumah tangga pemerintah sebagai ….

Jawaban

jawaban yang tepat adalah peran rumah tangga pemerintah sebagai pengatur atau regulator.

Pembahasan

Rumah tangga pemerintah merupakan pelaku ekonomi yang berperan sebagai pembuat kebijakan, seperti kebijakan subsidi bagi rumah tangga produsen. Selain itu, rumah tangga pemerintah juga berperan sebagai pemungut/penerima pajak dari pelaku ekonomi lainnya, seperti dari rumah tangga produsen atau rumah tangga konsumen.

Rumah tangga Pemerintah mempunyai peranan yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara, peran-peran pemerintah itu meliputi:

  1. Pengatur atau Regulator adalah pemerintah berperan sebagai pengatur perekonomian, melakukan kebijakan sehingga dapat menyejahterakan masyarakat yang ada di negara tersebut.
  2. Konsumen, pemerintah berperan sebagai konsumen untuk menjalankan fungsinya sebagai regulator, pemerintah otomatis membutuhkan sarana dan prasarana penunjang, dan membelinya dari rumah tangga perusahaan atau produsen.
  3. Produsen, pemerintah juga berperan sebagai produsen dan untuk menjalankan perannya sebagai produsen, pemerintah memproduksi barang atau jasa yang dikonsumsi oleh masyarakat dan ada beberapa produk yang hanya dimiliki oleh pemerintah seperti perusahaan listrik negara.

Jadi, jawaban yang tepat adalah peran rumah tangga pemerintah sebagai pengatur atau regulator.

Baca Juga :  Setelah Sekutu berhasil mengebom Kota Nagasaki dan Hiroshima, Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Dampak positif menyerahnya Jepang kepada Sekutu bagi Indonesia adalah ...

Leave a Comment