Apa topik dalam penggalan teks tersebut?

Terjadinya angin puting beliung diawali dengan suhu udara yang panas, pengap, dan awan hitam mengumpul. Selanjutnya, tumbuh awan secara vertikal. Di dalam pergolakan, arus udara yang naik dan turun dengan kecepatan yang tinggi menghembus ke permukaan bumi secara tiba-tiba dan berjalan acak. Ciri-ciri datangnya angin puting beliung adalah pada waktu siang hari terlihat adanya awan putih menjulang tinggi seperti bunga kol, kemudian berkembang menjadi awan gelap yang disertai hembusan udara dingin, dan angin yang menggoyangkan pepohonan. Setelah itu, angin semakin cepat dan diikuti hujan lebat dan terkadang disertai hujan es. Terlihat di awan hitam, pusaran angin berbentuk seperti kerucut turun menuju tanah (bumi).

1. Apa topik dalam penggalan teks tersebut?
2. Apa yang menyebabkan terjadinya angin puting beliung?
3. Dalam struktur teks eksplanasi, termasuk dalam bagian apakah penggalan teks tersebut? Tuliskan alasanmu!

Jawaban

jawaban untuk pertanyaan di atas adalah sebagai berikut:

Pembahasan

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi.

Struktur teks eksplanasi terdiri dari:

  1. Pernyataan Umum: Bagin ini menjelaskan tentang gambaran umum fenomena/peristiwa alam yang akan dibahas. Poinnya bisa mengangkat tentang proses bagaimana fenomena/peristiwa alam tersebut bisa terjadi.
  2. Urutan Sebab Akibat: Bagian ini dijelaskan tentang penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari fenomena tersebut. Kamu bisa melakukan deskripsi dalam beberapa paragraf terkait sebab dan akibatnya. Bagian ini disebut juga dengan deretan penjelas.
  3. Interpretasi: Bagin ini disebut juga dengan penarikan kesimpulan terkait fenomena yang diangkat dalam teks tersebut.
  4. Untuk mengetahui informasi yang terdapat pada sebuah teks, dapat dilakukan melalui unsur ADIKSIMBA, yaitu apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
Baca Juga :  Tuliskan tiga macam jenis usaha perseorangan beserta contoh nya!

Dengan demikian, jawaban untuk pertanyaan di atas adalah sebagai berikut:

  1. Topik dalam penggalan teks tersebut adalah mengenai “Angin puting beliung”. Hal ini sesuai dengan kutipan pertama yang berbunyi “Terjadinya angin puting beliung diawali dengan suhu udara yang panas, pengap, dan awan hitam mengumpul.”
  2. Hal yang menyebabkan terjadinya angin puting beliung adalah diawali dengan suhu udara yang panas, pengap, dan awan hitam mengumpul. Selanjutnya, tumbuh awan secara vertikal. Di dalam pergolakan, arus udara yang naik dan turun dengan kecepatan yang tinggi menghembus ke permukaan bumi secara tiba-tiba dan berjalan acak.
  3. Dalam struktur teks eksplanasi, penggalan teks tersebut merupakan bagian urutan sebab-akibat atau deretan penjelas karena menjelaskan tentang proses terjadinya angin puting beliung yang merupakan informasi tambahan atau pendukung pernyataan umum.

Leave a Comment