Apa yang kamu ketahui tentang peristiwa Rengasdengklok?

Apa yang kamu ketahui tentang peristiwa Rengasdengklok?

Jawaban

Peristiwa Rengasdengklok merupakan aksi “penculikan” terhadap Sukarno dan Moh. Hatta yang dilakukan oleh golongan muda dengan tujuan menjauhkan Sukarno-Hatta dari pengaruh Jepang.

Pembahasan

Peristiwa Rengasdengklok merupakan aksi “penculikan” terhadap Sukarno dan Moh. Hatta yang dilakukan oleh golongan muda. Aksi tersebut berawal dari penolakan usulan golongan muda kepada Sukarno dan Moh. Hatta agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia mengingat Jepang sudah menyerah kepada Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945. Namun, usul tersebut ditolak karena menurut Sukarno segala hal yang berkaitan dengan persiapan dan pelaksanaan proklamasi harus didiskusikan terlebih dahulu dalam sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang akan digelar pada tanggal 16 Agustus 1945.

Akhirnya, pada tanggal 16 Agustus 1945 dini hari, golongan muda menculik Sukarno-Hatta dan membawanya ke Rengasdengklok, Karawang. Tujuan dari aksi tersebut adalah menjauhkan Sukarno dan Moh. Hatta dari pengaruh Jepang terkait pelaksanaan proklamasi kemerdekaan. Peristiwa inilah yang dikenal sebagai Peristiwa Rengasdengklok.

Dengan demikian, Peristiwa Rengasdengklok merupakan aksi “penculikan” terhadap Sukarno dan Moh. Hatta yang dilakukan oleh golongan muda dengan tujuan menjauhkan Sukarno-Hatta dari pengaruh Jepang.

Baca Juga :  Berikut ini merupakan tokoh-tokoh yang berhasil mengembangkan rasa nasionalisme di Asia dan Afrika dan negaranya yang tepat adalah….

Leave a Comment