Bagian manakah yang disebut dinding sel? Mengapa sel ini memiliki dinding sel? Jelaskan!

Bagian manakah yang disebut dinding sel? Mengapa sel ini memiliki dinding sel? Jelaskan!

Pembahasan

Bagian yang disebut dinding sel merupakan bagian yang posisinya berada di paling luar dari sel tumbuhan. Bagian ini merupakan pelindung membran sel. Struktur dinding sel hanya ditemukan pada sel tumbuhan. Selain berfungsi untuk melindungi sel, dinding sel juga berfungsi untuk menjaga bentuk sel tumbuhan agar kaku dan tidak berubah-ubah. Dinding sel pada tumbuhan berfungsi untuk membantu mempertahankan tekanan turgor agar sel tidak membengkak dan pecah apabila ada air dalam jumlah yang terlalu banyak berdifusi ke dalam sel. Jika tekanan turgor hilang, maka tanaman akan layu, karena tekanan turgor memberi bentuk yang kaku pada sel tumbuhan.

Pada sel tumbuhan yang masih muda, dinding sel tersusun dari zat pektin, sementara pada sel tumbuhan dewasa, dinding sel terbentuk dari bahan selulosa yang bersifat kaku. Selulosa inilah yang membuat bentuk sel tumbuhan cenderung tetap.

Baca Juga :  Hoessein Djajadiningrat mengemukakan pendapat bahwa agama Islam yang masuk ke Indonesia dibawa oleh orang Persia. Hal ini didasarkan pada adanya bukti

Leave a Comment