berdasarkan hal tersebut analisislah penyakit yang terjangkit oleh pasien dan bagian ginjal manakah yang mengalami gangguan?

Pada suatu pemeriksaan laboratorium, dliuji urine seorang pasien ternyata ketika diuji dengan menggunakan indikator Benedict menunjukkan reaksi warna menjadi merah bata, dan ketika diuji dengan indikator Biuret menunjukkan reaksi warna ungu, berdasarkan hal tersebut analisislah penyakit yang terjangkit oleh pasien dan bagian ginjal manakah yang mengalami gangguan?

Pembahasan

Berdasarkan data yang disebutkan di atas, diketahui bahwa:

  • Uji yang dilakukan menggunakan indikator Benedict menunjukkan reaksi warna menjadi merah bata menunjukkan bahwa kandungan glukosa dalam urine terdapat >3,5%.
  • Uji selanjutnya menggunakan indikator Biuret menunjukkan reaksi warna ungu yang menunjukkan bahwa urine mengandung protein.

Berdasarkan uji tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pasien tersebut menderita diabetes mellitus dan albuminuria.

  • Diabetes mellitus ditandai dengan adanya kandungan glukosa dalam urine >3,5%. Penyakit ini ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) dalam urine. Bagian ginjal yang mengalami gangguan ialah tubulus kontortus proksimal, karena pada bagian ini seharusnya terjadi penyerapan kembali glukosa yang terjadi pada tahap reabsorpsi.
  • Albuminuria ditandai dengan adanya kandungan protein dalam urine. Penyakit ini terjadi akibat ginjal tidak dapat melakukan penyaringan, khususnya penyaringan protein. Bagian ginjal yang mengalami gangguan ialah glomerulus, karena membran glomerulus seharusnya mampu menahan sel darah dan protein plasma. Membran glomerulus hanya akan meloloskan air dan zat-zat terlarut yang ukurannya kecil.
Baca Juga :  Berikan contoh keunggulan ekonomi di daerahmu!

Leave a Comment