Kalimat persuasi dalam kutipan tersebut adalah kalimat ke ….

Perhatikan cuplikan teks berikut!

Sejak terjadinya bencana gempa bumi dan gelombang tsunami itu sering kali bencana tersebut dijadikan sarana untuk memungut uang dari masyarakat. Banyak organisasi atau kelompok orang tak bertanggung jawab meminta sumbangan untuk korban bencana tersebut. Mereka beroperasi di atas bus kota, lampu merah, dan pinggir-pinggir jalan lainnya yang mengatasnamakan dinas sosial. Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut. Kami organisasi Sosial Peduli Kasih, tidak pernah meminta sumbangan dengan cara-cara seperti itu.

Kalimat persuasi dalam kutipan tersebut adalah kalimat ke ….

a. 1

b. 2

c. 4

d. 5

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Pembahasan

Teks persuasi merupakan sebuah teks yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis.

Salah satu kaidah kebahasaan teks persuasi adalah menggunakan kalimat persuasi atau ajakan.

Kalimat persuasi merupakan sebuah kalimat yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis.

Pada kutipan tersebut terdapat kalimat, “Oleh karena itu, masyarakat harus berhati-hati terhadap ulah oknum tersebut.” Kalimat tersebut bertujuan untuk mengingatkan pembaca agar berhati-hati terhadap oknum yang memungut uang dari masyarakat yang mengatasnamakan dinas sosial.

Kalimat persuasi dalam kutipan tersebut adalah kalimat ke-4.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Baca Juga :  Jelaskan pengertian efek rumah kaca dan pemanasan global!

Leave a Comment