Buatlah ringkasan berdasarkan teks berikut!

Ular naga merupakan salah satu permainan tradisional yang sangat menyenangkan. Selain itu, permainan ini sangat mudah dimainkan. Permainan ini biasanya dimainkan oleh 6-11 orang.

Sebelum bermain, anak-anak hanya perlu mencari halaman atau tanah yang sedikit luas untuk tempat bermain. Setelah pemain terkumpul dan arena bermain sudah didapat, permainan dapat segera dimulai. Dalam permainan ini, anak yang paling besar atau yang paling tinggi akan menjadi gerbang. Untuk membuat gerbang diperlukan dua orang anak berdiri berhadapan sambil menyatukan kedua tangan setinggi mungkin sehingga menyerupai gerbang. Sementara itu, anak-anak lainnya akan berperan menjadi naga dengan cara berbaris sambil berpegangan baju bagian belakang milik teman di depannya.

Permainan ini dimainkan sambil bernyanyi. Saat lagu berhenti, gerbang akan tertutup sehingga seorang anak yang menjadi naga akan tertangkap. Anak yang tertangkap itu kemudian tidak bisa menjadi naga kembali dan harus berdiri di salah satu anak yang menjadi gerbang.

Buatlah ringkasan berdasarkan teks berikut!

Pembahasan

Ringkasan teks tersebut yaitu berisi mengenai permainan tradisional bernama ular naga. Permainan ini mudah dimainkan, bisa dimainkan oleh 6-11 orang. Dalam permainan ini, dipilih dua anak yang paling besar atau yang paling tinggi akan menjadi gerbang dengan menyatukan kedua tangan setinggi mungkin menyerupai gerbang. Sementara itu, anak-anak lain akan berperan menjadi naga dengan cara berbaris sambil berpegangan baju bagian belakang milik teman di depannya. Permainan ini dimainkan sambil bernyanyi. Saat lagu berhenti, gerbang akan tertutup sehingga seorang anak yang menjadi naga akan tertangkap. Anak yang tertangkap itu kemudian tidak bisa menjadi naga kembali dan harus berdiri di salah satu anak yang menjadi gerbang.

Leave a Comment