Pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan gen bakteri adalah salah satu contoh aplikasi bioteknologi yang disebut ….

Pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan gen bakteri adalah salah satu contoh aplikasi bioteknologi yang disebut ….

a. mutasi

b. transplantasi

c. kloning

d. rekayasa genetika

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Pembuatan insulin dengan menyisipkan gen pembentuk insulin dengan gen bakteri adalah salah satu contoh aplikasi bioteknologi yang disebut rekayasa genetika. Ada beberapa cara untuk mendapatkan DNA rekombinan melalui rekayasa genetika, diantaranya adalah teknologi plasmid, fusi sel (teknologi hibridoma), dan transplantansi inti. Plasmid digunakan sebagai vektor atau pembawa gen untuk memasukkan gen ke dalam sel target. Contoh aplikasi penggunaan teknologi plasmid yang telah dikembangkan manusia adalah produksi insulin secara besar-besaran. Insulin dibuat di dalam tubuh manusia dengan dikontrol oleh gen insulin. Insulin ini kemudian diambil dari pulau langerhans tubuh manusia, lalu disambungkan ke dalam plasmid bakteri. Untuk menghubungkan gen insulin dengan plasmid diperlukan rekombinasi genetik. Dalam rekombinasi DNA dilakukan pemotongan dan penyambungan DNA.undefined

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Baca Juga :  Secara geografis negara-negara ASEAN terletak di....

Leave a Comment