Iodin merupakan salah satu zat penyusun tubuh manusia. Jelaskan apa fungsi zat tersebut bagi tubuh dan dampak yang terjadi jika tubuh kekurangan Iodin!

Iodin merupakan salah satu zat penyusun tubuh manusia. Jelaskan apa fungsi zat tersebut bagi tubuh dan dampak yang terjadi jika tubuh kekurangan Iodin!

Jawaban

fungsi zat iodin bagi tubuh adalah membantu pemeliharaan kelenjar tiroid serta sebagai pembentuk hormon tiroksin dalam mengatur metabolisme karbohidrat dan dampak yang terjadi jika tubuh kekurangan Iodin adalah penyakit gondok (goiter).

Pembahasan

Unsur iodin/iodium dapat diperoleh dari garam yang mengandung iodium, sayuran, dan ikan laut. Fungsi iodium adalah membantu pemeliharaan kelenjar tiroid dan sebagai pembentuk hormon tiroksin. Defisiensi/kekurangan iodium akan menimbulkan penyakit gondok (goiter). Hal ini terjadi karena kelenjar tiroid dipacu untuk menghasilkan hormon tiroksin sehingga kelenjar tersebut berusaha memperbesar ukurannya. Rendahnya kandungan tiroksin akan mengakibatkan rendahnya pertumbuhan dan metabolisme karbohidrat. Gejala kekurangan iodium adalah badan lemah dan suhu tubuh relatif rendah, serta ditandai dengan adanya pembengkakan di daerah leher penderita.

Dengan demikian fungsi zat iodin bagi tubuh adalah membantu pemeliharaan kelenjar tiroid serta sebagai pembentuk hormon tiroksin dalam mengatur metabolisme karbohidrat dan dampak yang terjadi jika tubuh kekurangan Iodin adalah penyakit gondok (goiter).

Baca Juga :  Simpanan di bank dan penarikannya dapat dilakukan dengan perantara cek , ATM, surat perintah pembayaran lainnya atau dengan cara pemindah pembukuan disebut….

Leave a Comment