Tokoh-tokoh yang mendesak Sukarno dan Moh. Hatta agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia disebut ….

Tokoh-tokoh yang mendesak Sukarno dan Moh. Hatta agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia disebut ….

Jawaban

tokoh-tokoh yang mendesak Sukarno dan Moh. Hatta agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia disebut golongan muda.

Pembahasan

Berita menyerahnya Jepang kepada Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945 selanjutnya disiarkan melalui radio dan diketahui oleh golongan muda. Hal tersebut yang selanjutnya membuat golongan muda mendorong Sukarno dan Moh. Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Tokoh-tokoh dari golongan muda yang aktif mendorong Sukarno untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia adalah Sutan Syahrir, Wikana, Darwis, serta Chaerul Saleh. Namun, hal tersebut tidak disetujui oleh Sukarno karena menurutnya proklamasi kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan setelah sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang rencananya akan digelar pada tanggal 16 Agustus 1945. Hal tersebut kemudian melatarbelakangi munculnya Peristiwa Rengasdengklok.

Dengan demikian, tokoh-tokoh yang mendesak Sukarno dan Moh. Hatta agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia disebut golongan muda.

Baca Juga :  Tuliskan masing-masing satu contoh berbagai jenis simbiosis, lalu jelaskan hubungan yang terjadi!

Leave a Comment