Jelaskan 4 (empat) penyebab konflik dalam masyarakat yang beragam !

Jelaskan 4 (empat) penyebab konflik dalam masyarakat yang beragam !

Pembahasan

Menurut Soerjono Soekanto, konflik sosial disebabkan oleh empat faktor yaitu :

  1. Perbedaan antarindividu. Setiap individu memiliki perbedaan – perbedaan, misalnya perbedaan pendirian, perasaan, dan pandangan. Apabila semua perbedaan ini tidak disikapi secara baik maka akan menimbulkan konflik antarindividu.
  2. Perbedaan kebudayaan. Individu baik disadari atau tidak tumbuh dengan dipengaruhi oleh lingkungan sosial. Lingkungan sosial atau kelompok ini mempengaruhi cara berpikir, bersikap dan akhirnya membentuk kepribadian. Perbedaan kepribadian akibat pola kebudayaan yang berbeda sering menjadi penyebab konflik antarkelompok masyarakat. Dalam interaksi individu atau antarkelompok cenderung berlawanan pola kebudayaannya sehingga menimbulkan rasa benci dan marah.
  3. Perbedaan kepentingan. Setiap individu dan kelompok memiliki kebutuhan dan kepentingan yang berbeda dalam mengerjakan sesuatu. Kepentingan dapat menyangkut politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Perbedaan kepentingan individu dan kelompok dapat menimbulkan konflik sosial, misalnya kepentingan pengusaha kayu yang menebang pohon di hutan dengan kelompok pecinta lingkungan. Apabila tidak disikapi secara bijak maka hal ini menimbulkan konflik antarkelompok.
  4. Perubahan sosial. Perubahan sosial sering disikapi secara berbeda oleh masyarakat. Cara pandang individu atau kelompok berbeda terhadap nilai, norma, dan perilaku masyarakat. Kaum muda umumnya cenderung cepat menerima perubahan. Sebaliknya kaum tua akan cenderung enggan menerima perubahan. Perbedaan ini tidak jarang menimbulkan konflik sosial.
Baca Juga :  Mengapa bahan yang terbuat dari sterofoam tidak baik digunakan sebagai pembungkus makanan? Jelaskan.

Leave a Comment