Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan, dapat menimbulkan konflik, hal ini dikarenakan….

Adanya perbedaan latar belakang kebudayaan, dapat menimbulkan konflik, hal ini dikarenakan….

a. setiap daerah memiliki kebudayaan yang berbeda dan belum tentu cocok dengan budaya daerah lainnya

b. Setiap daerah memiliki tradisi yang unik dan berbeda dengan yang lainnya

c. dapat membentuk karakteristik yang berbeda beda

d. dapat membentuk pribadi yang berbeda beda

Pembahasan

Konflik sosial yang terjadi dalam masyarakat karena adanya pertentangan-pertentaangan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, yang mengakibatkan perpecahan. Dalam konflik sosial sering terjadi dalam kehidupan masyarakat yang memiliki banyak keragaman, seperti keragaman agama, ras, etnis, dan kebudayaan yang ada pada suatu wilayah. yang menjadi salah satu faktor penyebab konflik adalah adanya perbedaan kebudayaan.

Karena kebudayaan melekat turun-temurun dalam waktu yang sangat lama pada sebuah kelompok suku/masyarakat. Bahkan kebudayaan ada yang menjadi sebuah kepercayaan meski hanya berawal dari sebuah adat. Sehingga kebudayaan menjadi mendarah daging. Maka dari itu jika ada dua kebudayaan berbeda dari individu/kelompok itu bertemu, jika tidak ada kesesuaian dan dianggap bertentangan dengan kebudayaan sendiri maka dapat berpotensi menjadi konflik, adanya kebudayaan yang kuat sebagain masyarakat memiliki sikap etnosentrisme yang cenderung memandang remeh kepada kebudayaan lain membuat mudah memicu terjadi konflik antar satu kelompok dengan kelompok yang lain.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah A

Baca Juga :  Usaha Belanda untuk menguasai kembali wilayah Indonesia dengan cara memecah belah kedaulatan RI ialah ......

Leave a Comment