Artikel tersebut disusun dengan pendekatan ….

Kulit mengelupas bisa disebabkan oleh kondisi, kelainan, atau penyakit tertentu. Berdasarkan Cleveland Clinik, ada berbagai penyebab yang bisa menyebabkan kulit mengelupas. Pertama, kulit mengelupas paling umum terjadi karena kerusakan kulit akibat kulit terbakar atau paparan bahan kimia. Kedua, kulit mengelupas terjadi karena perawatan kulit terutama di area wajah. Ketiga, efek samping dari pengobatan kulit juga bisa menjadi penyebab kulit mengelupas. Keempat, kelainan genetik seperti penyakit kawasaki dan peeling skin syndrome juga menjadi penyebab kulit mengelupas.

Artikel tersebut disusun dengan pendekatan ….

a. deduktif

b. induktif

c. kronologis

d. spesial

e. topikal

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan

Teks artikel merupakan teks yang berisi fakta dan opini yang bertemakan berbagai bidang, seperti kebudayaan, perekonomian, teknologi, pendidikan, kesehatan, atau politik. Teks artikel memiliki beberapa tujuan, antara lain untuk memberi informasi (informatif), menghibur (rekreatif), atau memengaruhi dan meyakinkan (persuasif argumentatif).

Dalam menulis sebuah artikel, terdapat enam pendekatan yang dapat dilakukan. Keenam pendekatan tersebut antara lain, pendekatan deduktif, induktif, dan kronologis.

  1. Pendekatan deduktif, yaitu menjelaskan dari hal-hal yang bersifat umum ke yang bersifat khusus.
  2. Pendekatan induktif, yaitu menjelaskan dari hal yang bersifat khusus ke yang bersifat umum.
  3. Pendekatan kronologis, yaitu pendekatan yang didasarkan pada urutan waktu.

Artikel di atas di awali dengan pernyataan umum, yaitu “Kulit mengelupas bisa disebabkan oleh kondisi, kelainan, atau penyakit tertentu”. Kalimat tersebut merupakan ide pokok paragraf, kemudian kalimat selanjutnya merupakan kalimat penjelas yang berisi rincian pernyataan kalimat utama.

Berdasarkan penjelasan di atas, artikel tersebut disusun dengan pendekatan deduktif.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Baca Juga :  Jelaskan perbedaan antara membership group dan reference group!

Leave a Comment