Kutipan tersebut merupakan struktur teks kritik bagian …

Perhatikan kutipan teks berikut!

Beberapa puisi dalam Suluk Mataram ini menggunakan bentuk tipografi yang unik dan enjambemen yang indah. Namun, dari 82 posisi tersebut tidak seluruhnya bicara tentang Yogyakarta. Ada dua belas puisi yang sama sekali tidak bersangkutan dengan Yogyakarta meski judul puisinya Suluk Mataram dapat diklasifikasikan ke dalam empat kategori, yakni puisi yang berisi kekaguman terhadap Yogyakarta, puisi yang berisi tentang perubahan Yogyakarta, puisi yang berisi tentang nestapa bencana Merapi, dan puisi yang isinya sama sekali tidak berkaitan dengan Yogyakarta.

Kutipan tersebut merupakan struktur teks kritik bagian …

a. argumen

b. simpulan

c. penutup

d. penegasan ulang

e. pernyataan umum

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Pembahasan

“Ada dua belas puisi yang sama sekali tidak bersangkutan dengan Yogyakarta meski judul puisinya Suluk Mataram dapat diklasifikasikan ke dalam empat kategori, yakni puisi yang berisi kekaguman terhadap Yogyakarta, puisi yang berisi tentang perubahan Yogyakarta, puisi yang berisi tentang nestapa bencana Merapi, dan puisi yang isinya sama sekali tidak berkaitan dengan Yogyakarta.”

Pada kutipan di atas terdapat argumen penulis menginterpretasikan isi dari beberapa puisi dalam kumpulan puisi tersebut. Jadi, kutipan tersebut merupakan teks kritik bagian argumen.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Baca Juga :  Hipotesis Ksatria diperkuat dengan cerita panji yang berkembang dalam Indonesia yang memperlihatkan adanya proses penaklukan daerah-daerah Indonesia oleh para Ksatria India. Pernyataan tersebut merupakan inti dari hipotesis yang dikembangkan oleh ....

Leave a Comment