Susunan yang tepat dari kutipan cerita inspiratif tersebut adalah…

Simaklah kutipan cerita inspiratif berikut!

(1) Tentunya hal tersebut akan membuat orang lain merasa curiga melihatnya.

(2) Namun nyatanya dugaannya salah besar, ternyata anak-anak sekolah tersebut sedang membagi-bagikan baju bekas dan makanan kepada seorang bapak tunawisma yang biasanya sering berkeliaran di kawasan sekolah.

(3) Bisa saja orang mencurigai segerombolan anak tersebut melakukan hal yang tidak diinginkan seperti merokok.

(4) Jika Anda melihat perbuatan anak-anak tersebut tentu saja akan ikut tergerak hatinya untuk turut membantu meringankan beban tunawisma tersebut, bukan?

(5) Pada suatu hari, terdapat segerombolan anak-anak sekolah yang pergi ke area belakang sekolahnya ketika waktu istirahat tiba.

Susunan yang tepat dari kutipan cerita inspiratif tersebut adalah…

a. (5) – (4) – (2) – (3) – (1)

b. (5) – (2) – (1) – (3) – (4)

c. (5) – (3) – (4) – (2) – (1)

d. (5) – (1) – (3) – (2) – (4)

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan

Teks cerita inspiratif adalah teks berisi kisah fiksi maupun nonfiksi yang menginspirasi dan menggugah pembacanya. Untuk menyusun teks cerita inspiratif berdasarkan kalimat yang diberikan, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Membaca seluruh kalimat yang disediakan
  2. Mencari kalimat yang memiliki konjungsi antarkalimat. Kalimat yang memiliki konjungsi antarkalimat biasanya tidak terletak di awal paragraf.
  3. Mencari kalimat utama. Kalimat utama biasanya dapat berada di awal atau akhir paragraf. Jika kalimat utama berada di akhir paragraf, biasanya ditandai oleh kata/frasa yang menunjukkan simpulan, seperti oleh karena itu, dengan demikian, dan maka.
  4. Melihat keterkaitan antarkalimat yang diberikan.

Setelah dibaca, didapatlah kalimat utama dalam paragraf tersebut adalah kalimat kelima, ” Pada suatu hari, terdapat segerombolan anak-anak sekolah yang pergi ke area belakang sekolahnya ketika waktu istirahat tiba” karena berisi pengenalan awal. Kalimat-kalimat selanjutnya pun berkaitan dengan datangnya segerombolan anak sekolah tersebut. Setelah dibaca, susunan kalimat yang tepat adalah (5) – (1) – (3) – (2) – (4) sehingga menjadi paragraf sebagai berikut.

Baca Juga :  Pihak yang melakukan kegiatan produksi yaitu kegiatan untuk menghasilkan barang atau jasa guna memenuhi kepentingan orang lain dinamakan ....

(5) Pada suatu hari, terdapat segerombolan anak-anak sekolah yang pergi ke area belakang sekolahnya ketika waktu istirahat tiba. (1) Tentunya hal tersebut akan membuat orang lain merasa curiga melihatnya. (3) Bisa saja orang mencurigai segerombolan anak tersebut melakukan hal yang tidak diinginkan seperti merokok. (2) Namun nyatanya dugaannya salah besar, ternyata anak-anak sekolah tersebut sedang membagi-bagikan baju bekas dan makanan kepada seorang bapak tunawisma yang biasanya sering berkeliaran di kawasan sekolah. (4) Jika Anda melihat perbuatan anak-anak tersebut tentu saja akan ikut tergerak hatinya untuk turut membantu meringankan beban tunawisma tersebut, bukan?

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Leave a Comment