Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan kutipan teks berikut!

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan kutipan teks berikut!

Kegiatan nonakademik sah-sah saja buat dijalankan. Apalagi dapat memaksimalkan diri sehingga menghasilkan prestasi yang gemilang. Satu yang mesti kamu ingat, sebagai pelajar kegiatan utama kamu adalah belajar. Kamu harus pintar-pintar membagi waktu. Percaya deh, segala kegiatan positif akan menghasilkan kesuksesan.

  1. Apa yang dimaksud dengan teks persuasi?
  2. Hal apa saja yang membedakan teks persuasi dengan jenis teks lainnya?
  3. Apa yang diharapkan penulis teks persuasi untuk pembacanya?
  4. Apa fungsi fakta di dalam teks persuasi?
  5. Mengapa cuplikan teks tersebut persuasif? Jelaskan!

Pembahasan

  1. Teks persuasi merupakan teks yang berupa ajakan atau bujukan agar pembaca menyetujui pernyataan yang diungkapkan penulis.
  2. Teks persuasi menggunakan kalimat-kalimat persuasif yang dapat meyakinkan pembaca untuk mengikuti gagasannya. Selain itu, terdapat serangkaian fakta untuk mendukung argumentasi penulis.
  3. Harapan penulis dalam teks persuasi adalah agar pembaca dapat berbuat sesuatu sesuai dengan gagasan yang diungkapkan penulis. Dalam cuplikan teks tersebut penulis berharap pembaca dapat membagi waktu antara kegiatan akademik dan nonakademik.
  4. Fakta dalam teks persuasi berfungsi untuk menguatkan argumentasi penulis.
  5. Cuplikan teks tersebut termasuk ke dalam teks persuasi karena mengandung imbauan agar pembaca dapat membagi waktu antara kegiatan akademik dan nonakademik.
Baca Juga :  Contoh hewan mamalia khas Indonesia bagian tengah adalah...

Leave a Comment