Kutipan teks diskusi tersebut termasuk bagian?

Hal ini menunjukkan bahwa adanya media sosial sangat berpengaruh baik dan buruk bagi remaja. Namun, lingkungan sosialnya yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan perilaku individu. Jadi, jaringan sosial berbahaya untuk beberapa remaja, tetapi tidak bagi yang lain. Semuanya tergantung pada kepribadian remaja itu sendiri.

Kutipan teks diskusi tersebut termasuk bagian?

Jawaban

kutipan teks diskusi tersebut termasuk bagian kesimpulan.

Pembahasan

Teks diskusi mempunyai 4 struktur diantaranya yaitu isu, argumen mendukung, argumen menolak dan terakhir ialah kesimpulan. Untuk lebih memahaminya simak berikut ini.

  1. Isu : berisi masalah yang akan didiskusikan secara bersama-sama
  2. Argumen mendukung : berisi argumen (alasan) yang mendukung suatu hal yang menjadi pokok permasalahan diskusi.
    Setelah menyampaikan masalah, penulis dapat menyampaikan pendapat dari satu sudut pandang pendukung disertai alasan-alasan dan bukti untuk mendukung pendapat yang disampaikan sebelumnya.
  3. Argumen menentang : berisi argumen (alasan) yang menentang argumen yang mendukung. Pada tahap ini penulis memaparkan pendapat disertai alasan dan bukti dari sudut pandang kontra.
  4. Kesimpulan : hasil akhir yang berisi kesimpulan dan rekomendasi tentang suatu isu yang dibahas berisi jalan tengah antara pendapat pro dan kontra.

Pada kutipan teks terdapat penjelasan bahwa media sosial sangat berpengaruh baik dan buruk bagi remaja, lalu ada kata jadi yang merupakan kesimpulan dari suatu permasalahan seperti pada kalimat “Jadi, jaringan sosial berbahaya untuk beberapa remaja, tetapi tidak bagi yang lain”. Kalimat tersebut menyatakan bahwa semua tergantung bagi pada kepribadian remaja itu sendiri.

Dengan demikian, kutipan teks diskusi tersebut termasuk bagian kesimpulan.

Baca Juga :  Why did Dayang Sumbi ask Sangkuriang to build a lake and a boat in one night?

Leave a Comment