Simpulan cuplikan teks tersebut adalah ….

Bacalah teks persuasif berikut!

Dalam menyambut hari Sumpah Pemuda, kita harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. Salah satu hikmahnya adalah semangat persatuan Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama. Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa.

Simpulan cuplikan teks tersebut adalah ….

a. Hikmah peringatan hari Sumpah Pemuda adalah memupuk semangat persatuan.

b. Dalam menyambut hari Sumpah Pemuda, kita harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya.

c. Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama.

d. Ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa.

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan

Simpulan adalah rumusan akhir tentang sesuatu (misalnya, teks). Simpulan disusun berdasarkan pemahaman atau penalaran kita terhadap keseluruhan isi teks itu.

Berikut ini langkah yang tepat untuk menyimpulkan isi teks persuasi:

  • Membaca keseluruhan isi teks tersebut.
  • Mencatat bagian-bagian penting dari isi teks.
  • Memahami hubungan logis antarbagian penting teks.
  • Merumuskan simpulan isi teks secara ringkas dan jelas.

Sesuai dengan penjabaran tersebut, maka kesimpulan dari teks persuasi di atas adalah Hikmah peringatan hari Sumpah Pemuda adalah memupuk semangat persatuan. Kesimpulan ini didapatkan dari keseluruhan isi teks, terutama pada kalimat Dalam menyambut hari Sumpah Pemuda, kita harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Baca Juga :  Tuliskan ciri-ciri dari masyarakat multikultural.

Leave a Comment